Home » , , , » Alasan BOPI tidak merekomendasikan arema dan persebaya

Alasan BOPI tidak merekomendasikan arema dan persebaya


Persebaya Surabaya dan Arema Cronus tak masuk dalam daftar klub yang direkomendasikan BOPI untuk ikut serta di ISL 2015. BOPI menegaskan alasan pencoretan keduanya adalah karena persoalan legalitas.

"Arema dan Persebaya tidak diberi rekomendasi karena mempunyai dua kepemilikan legalitas," kata Ketua BOPI, Noor Aman, dalam jumpa pers di Kantor Kemenpora, Rabu (4/1/2015).

"Keduanya juga punya masalah warisan masa lalu yang belum terselesaikan oleh PSSI. Kami juga ingin mencoba masuk untuk mendamaikan dua kelompok yang mengklaim sebagai klub masing-masing itu, tapi sampai sekarang gagal. Satu sisi kalau kami lindungi haknya orang lain nanti diklaim seperti itu, dan ini complicated," sambungnya.

"Saya berharap jalan tengahnya mereka yang berkonflik selama bertahun-tahun itu, bersatulah, itu kan sama cari makan sebenarnya."

Persebaya sendiri memang masih bermasalah soal legalitas klub, di mana PT Mitra Muda Inti Berlian menaungi Bajul Ijo. Sementara itu PT Arema Indonesia membawa Arema Cronus Indonesia.

Noor menambahkan meski kasus kepemilikan dua klub sudah masuk ranah hukum, dalam hal ini pengadilan, BOPI sama sekali tidak terpengaruh.

"In kracht (keputusan tetap -red) atau tidak itu tidak berpengaruh pada kami untuk mengambil satu standar rekomendasi. Jadi parameternya tidak In kracht-nya satu proses pengadilan, yang saya 'takut' malah kalau kami berikan rekomendasi adalah A, tau-tau yang menang B, itu juga jadi masalah. Dengan demikian kami hanya sampai di situ saja," tambahnya.

BOPI juga belum juga mau mengungkap secara detil langkah apa yang dilakukan jika seumpamanya dua klub yang bermasalah ternyata bisa bersatu alias rujuk.

"Sebenarnya harapan kami rukun lagi sudah sejak satu tahun yang lalu. sudah diberikan waktu dan arahan sehingga sampai pada keputusan kami tadi malam. Artinya tidak ada harapan untuk mereka rujuk karena sudah musuh bebuyutan. Itu jawaban saya. Tapi kalau bisa tunjukkan rujukan dalam waktu dua hari, tunjukkan saja biar kami tahu kira-kira apa tindakannya."

BOPI sendiri sudah mengizinkan ISL untuk dimulai pada 4 April besok dengan hanya diikuti 16 klub.


0 komentar:

Posting Komentar

Liga

ISL ( LIGA )

Cari Disini