Home » , , , » BOPI menyebut 11 klub ISL memenuhi syarat berkompetisi ISL

BOPI menyebut 11 klub ISL memenuhi syarat berkompetisi ISL



Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menyatakan bahwa ada 11 klub yang dinyatakan memenuhi syarat untuk berkompetisi di ISL 2015. Sementara itu, 7 klub dinyatakan belum layak.

Diantara 11 klub yang dinyatakan layak itu, ada enam di antaranya yang tinggal melengkapi sejumlah kecil persyaratan saja. Sementara lima klub lainnya dinyatakan aman.

Lima klub yang Kategori A itu adalah Semen Padang, Sriwijaya FC, Persib, Persija, dan Persipura. Sedangkan ada enam klub lain juga dinyatakan layak dan tinggal melengkapi sejumlah kecil dokumen pendukung, yakni PSM Makassar, Bali United, Barito Putra, Persiba Balikpapan, Pusamania Borneo, dan Persiram Raja Ampat.

"Kami laporkan semuanya kepada Menpora. Tentang landasan hukum, proses, maupun hasil verifikasinya," ujar Ketua Umum Mayjen (Pur.) Noor Aman. "Menpora menyambut baik laporan kami dan meminta BOPI terus bekerja menuntaskan proses verifikasi ini yang sudah dilakukan secara profesional."

Namun demikian, BOPI menilai bahwa ada tujuh klub yang belum memenuhi syarat. Ketujuh klub tersebut masih perlu ditelusuri lebih lanjut. Empat klub di antaranya, yakni Persela Lamongan, Mitra Kukar, Gresik United, dan Perseru Serui, belum menyerahkan laporan pajak tahun 2014 atau tahun-tahun sebelumnya.

 Pelita Bandung Raya (PBR) juga belum direkomendasi karena masalah persoalan pajak. Selain itu, PBR pun belum juga memiliki kontrak dengan stadion di mana mereka akan bermain.Dua klub lain, yakni Persebaya dan Arema, disebut sebut memiliki permasalahan yang cukup serius. Persebaya terkendala dokumen legalitas, sedangkan Arema bermasalah dalam hal legalitas, laporan keuangan, laporan pajak, serta pelunasan gaji pemain musim lalu
"Untuk kedua tim ini, kami akan mencari solusinya dengan konsultasi ke Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham," kata Sekjen BOPI, Heru Nugroho.

"Hasil konsultasi itulah yang akan menjadi dasar pengambilan keputusan soal rekomendasi secara keseluruhan.."
"Intinya, kami ingin agar kompetisi ini betul-betul dikelola secara profesional dan diikuti oleh klub-klub yang memang profesional. Makanya, selain klubnya, kami juga memverifikasi PT Liga Indonesia sebagai operatornya. PT Liga juga harus profesional. Salah satunya, hak komersial klub harus segera diberikan, jangan ditunda-tunda," ucap Noor Aman.

ISL 2015 direncanakan bergulir pada 4 April 2015. Namun, sebelum itu, BOPI bersikukuh meminta pembenahan segala aspek, dari legalitas hingga laporan pajak dan keuangan, dari setiap klub peserta.
 


0 komentar:

Posting Komentar

Liga

ISL ( LIGA )

Cari Disini